Memasang Iklan di FB

4. Memasang Iklan di FB

Lanjut ya gan, mohon maaf sebelumnya karena banyak acara jadi harus dipending dulu.. Sebenarnya kemarin malem udah saya ketik, tapi postingan melebihi kuota thread akhirnya saya cancl malah kehapus semua.. Kita lanjut di materi ke 4.. Kali ini akan saya jelaskan bagaimana memasang iklan Postingan FP.

- Klik pada Ads Manager (ada di sidebar kiri halaman home Facebook)
- Kemudian Pilih Create an Ad (di sisi kanan atas)
- Langkah selanjutnya, pilih fanpage yang akan diiklankan.. Contoh SS berikut

- Kemudian pilih Promote Page Posts

- Pada bagian Sponsored Stories silakan di biarin atau di remove.. Kalau diremove akan menghemat biaya iklan.. Saya sendiri belum pernah mencoba pake cara ini, apakah ctr tinggi atau tidak.


- Proses selanjutnya adalah targetting.. Ini adalah salah satu proses yg sangat penting.. Target yang salah bisa menjadikan iklan kita sia-sia.. Usahakan targetnya nanti tidak terlalu banyak, tetapi juga tidak terlalu sedikit.. Kisaran 100-200ribu

- Target negara tentu yg support English karena produk2nya bahasa Inggris juga.. Tentu saja yang paling rame adalah US

- Target selanjutnya adalah umur. Pilihlah umur di atas 35th. Katanya sih kalau di bawahnya ujung2nya nanti request refund. Di samping itu, gunakan rentang umur, misal 5-10 tahun..

- Target Gendernya juga terserah.. Saya baru mencoba yg women.. Seperti yg biasa dimaklumi, wanita tu mudah tertarik terhadap sesuatu.. terlebih jika hal itu membuatnya lebih sehat atau lebih cantik.. Di sisi lain, mayoritas wanita suka belanja.. 

- Kemudian, pada interest kita pilih apa yang behubungan dengan produk yg kita pasarkan.. Berhubung saya milih produk weight loss, maka saya pilih fat.. Alternatif lain seperti Obesity, Weight Loss, Diet, dll. Namun sampai di sini, kita belum selesai.. Audience masih terlalu banyak dan belum spesifik..

- Scroll lagi ke bawah dan klik pada See Advanced Targeting Options.. Di sini saya coba menargetkan kepada Wanita Single dan bahasa English US.. Hasilnya 169K audience. Angka segini sebenarnya masih tergolong cukup tinggi.. Jika memungkinkan, Anda bisa atur lagi targetingnya sampai dapat angka 100ribuan.. Meskipun saya sendiri juga pernah set di angka 200ribu dan dapet earning.

- Pada option terakhir, slakan kasih nama Campaign yang udah dibuat.. Terserah mau dikasih nama apa.. Kemudian pada budget set dulu pada $10.00, nanti kalau sudah diapprove diturunin budgetnya.. Entah ini hanya kebetulan atau tidak, saya mencoba set $10 dengan $3, ternyata yg $10 lebih cepet diapprove.. Pada Optimization dan Pricing biarin aja. Tidak usah si 'Switch to Advanced Pricing (includes CPC)'

- Selanjutnya klik pada review untuk meneliti ulang iklan yg sudah dibuat, atau klik place order kalau sudah mantep dengan iklannya..
- Klik lagi ke Ad Manager, kemudian pause dulu Campaign-nya biar ketika diapprove tidak langsung tampil karena iklan akan kita tampilkan di jam OL-nya orang US.. Lihat contoh di bawah ini.. Yang warna hijau berarti sedang running, sementara yg di bawahnya itu sedang saya pause.


Langkah selanjutnya, adalah menunggu approval dari tim Facebook. Untuk awal-awal jangan terlalu banyak bikin Campaign.. Saya pernah bikin 7 atau 9 iklan sekaligus, yang ada malah kena AME..
5. Menjalankan Iklan dan Melakukan Testing
- Jika iklan kita sudah diapprove, berarti kita sudah siap menjalankan iklan.. Tapi kita juga harus memperhatikan waktu.. Berdasarkan pengalaman, klik banyak terjadi ketika iklan running di atas jam 9 malam kalau targetnya USA (di sana jam 10an pagi)


- Maka kalau sudah jam 9 ke atas, langsung saja ke Ads Manager, arahkan kursor ke angka budget lalu kecilin sampai $3 aja.. Ini dimaksudkan untuk testing awal dulu..


Kemudian ubah mode Pause ke Play.. Dalam hitungan menit, biasaya budget kita langsung habis..

- Pada langkah berikutnya, kita harus melakukan testing.. Ini untuk mengetahui seberapa efektif iklan kita berjalan.. Yang perlu kita amati, adalah CTR, dan Sales di CB.. Kembali ke Ads Manager dan klik pada Campign yg sedang berjalan


- Jika CTR di atas 6% bagi saya sudah lumayan bagus.. Apalagi kalau terjadi sales.. Jika keadaannya demikian, maka budget bisa kita ubah dan dinaikkan.. tapi kalau hasilnya tidak ada yang ngeklik, atau CTR angat kecil 1-2% saja.. Berarti iklan harus diperbaiki, barangkali gambar atau deskripsi kurang menarik..

- Jika budget habis, kembali Pause iklannya dulu kita running malam berikutnya

0 komentar:

Posting Komentar