NASA Menemukan Planet Baru

Badan antariksa Amerikat Serikat, NASA, berhasil menemukan planet baru. Dan planet tersebut mirip bumi dan paling kecil. Planet yang diberi nama "Kepler 10-b" itu letaknya berada diluar tata surya.

Dikenal sebagai Kepler-10b, planet hanya 1,4 kali ukuran Bumi dan 4,6 kali massa.



Planet, ditemukan menggunakan pesawat ruang angkasa NASA Kepler, adalah yang pertama dari lebih dari 500 exoplanet yang definitif diketahui berbatu-jauh seperti Bumi, Mars, Venus, atau Merkurius-tim studi menyebutkan.

Diluncurkan pada bulan Maret 2009, Kepler dirancang untuk berburu planet Earthlike berpotensi dihuni.

Para astronom telah mempelajari Kepler-10b sejak penemuannya pada tahun 2009, ketika tim mendeteksi peredupan berkala bintang tuan rumah sebagai planet lewat di depan bintang.

Menemukan seperti planet kecil cara ini tidak mudah dilihat dari jarak yang sama, Bumi melintas di depan matahari akan menyebabkan pengurangan 0,01 persen di kecerahan bintang, kata Natalie Batalha dari San Jose State University, penulis utama yang akan datang kertas menggambarkan temukan.

"Bayangkan Anda memiliki 10.000 bola lampu dan Anda mengambil satu. Itu perubahan kecerahan yang kita cari," kata Batalha hari selama pertemuan American Astronomical Society di Seattle, Washington.

Namun, setelah menggunakan instrumen Kepler dan lainnya untuk secara tepat menghitung ukuran planet baru, massa dan kepadatan, Batalha berkata, "kita tahu tanpa pertanyaan bahwa ini adalah dunia yang berbatu."

Planet Terkecil Memiliki Kepadatan Besi

Sebelum mencari tahu sifat Kepler-10b, para ilmuwan melihat properti bintang tuan rumah, seperti diungkapkan oleh starquakes, gangguan akustik yang membuat seluruh bintang cincin seperti lonceng.

"Dengan cara yang sama yang kita gunakan untuk menyelidiki sonogram janin yang belum lahir dan gempa bumi untuk menyelidiki interior bumi, kita menggunakan starquakes untuk menyelidiki struktur interior dan sifat bintang itu sendiri," kata Batalha.

"Bintang kecil akan menghasilkan frekuensi [getaran] berbeda dari satu besar, sama seperti ketika Anda memetik biola Anda akan mendapatkan suara yang berbeda dibandingkan saat Anda memetik cello."

Menggunakan starquakes, Batalha dan rekan mampu secara akurat menentukan ukuran, massa, dan umur bintang, yang pada gilirannya memungkinkan mereka untuk membuat estimasi yang sangat fine-tuned karakteristik planet baru.

Para astronom hati-hati mempelajari variasi-variasi kecil cahaya bintang untuk menentukan ukuran Kepler-10b itu. Pengamatan juga mengungkapkan bahwa planet ini sangat dekat dengan bintang, mengorbit sekali setiap 20 jam.

Menggunakan WM Keck Observatory di Hawaii, tim Kepler melakukan pengukuran tepat pergeseran menit dalam panjang gelombang cahaya bintang tuan rumah. Data ini menunjukkan bagaimana bintang mengangguk bolak-balik dalam menanggapi gravitasi di planet ini, yang memungkinkan tim untuk menghitung massa dari kedua benda.

Berdasarkan data ini digabungkan, tim menyimpulkan bahwa Kepler-10b harus dunia berbatu dengan kepadatan rata-rata 8,8 gram per kubik sentimeter-hampir sama dengan sepotong besi.

Dunia Rocky adalah "Missing Link Planetary"

Menjadi berbatu, bagaimanapun, tidak ada jaminan bahwa sebuah planet akan dihuni. Dalam kasus Kepler-10b, satu sisi planet ini selalu menghadap bintang, sehingga pihak akan memiliki suhu permukaan 2.500 derajat F (1.370 derajat C), Batalha perkiraan.

Ini sangat tidak mungkin bahwa dunia seperti itu akan mempertahankan suasana, karena gas panas membakar dengan cepat akan melarikan diri ke ruang angkasa.

Namun, Kepler-10b adalah penemuan yang sangat penting, kata Geoffrey Marcy, seorang pemburu planet di University of California, Berkeley. Marcy, yang terlibat dalam misi Kepler, bukan anggota tim inti Batalha's.

"Dalam astronomi, kami telah menemukan planet gas raksasa selama 15 tahun Tapi tujuan utamanya adalah untuk menemukan dunia dihuni, seperti Bumi.," Katanya pada pertemuan AAS.

Menurut Marcy, Kepler-10b adalah "missing link planet."

"Ini jelas bukan gas raksasa seperti Jupiter Juga tidak layak huni-itu terlalu panas.. Ini adalah sebuah planet transisi di suatu tempat antara raksasa gas dan apa yang telah kita berharap untuk menemukan."

Salah satu yang mungkin planet berbatu, COROT-7b, mungkin Earthlike bahkan lebih dalam ukuran dan massa, Batalha setuju. Tapi bintang jauh lebih aktif dengan flare dan gangguan lainnya, sehingga sulit untuk memakukan parameter penting dengan presisi diperlukan. (Lihat "'Bumi Super' Really Mei Jadilah Planet Jenis Baru:. Super-Io")

"Untuk Kepler-10, kami beruntung," katanya. "Ini adalah bintang yang sangat tenang."